Siapa sih yag tidak tahu jenis burung flamingo?

Siapa sih yag tidak tahu jenis burung unik yang satu ini? ya, burung flamingo memang terkenal dengan karakteristik khasnya dengan leher yang panjang dan juga kaki yang panjang. Jenis burung yang satu ini juga memiliki paruh yang besar ditambah lagi dengan warna tubuh yang begitu cantik dan menarik untuk dipandang. Warna burug flamingo yang berwarna pink, membuat jenis burung ini sering dijadikan sebagai gambar animasi yang menjadi favorit gadis perempuan dimanapun. Burung ini juga merupakan jenis burung yang sangat populer karena karakteristik khasnya tersebut. Akan tetapi dibalik berbagai cover imutnya tersebut, ternyata burung flamingo menyimpan beberapa fakta menarik yang patut untuk disimak.

1. Sebutan lainnya adalah burung api
Memiliki tubuh yang indah tak melulu membuat jenis burung yang satu ini terus mendapatkan julukan yang indah juga. Hal tersebut dikarenakan burung flamingo ini memiliki sebutan lain yang disebut dengan fire bird atau dalam bahasa Indonesia berarti burung api. Itu karena nama flamingo sendiri berasal dari Bahasa Spanyol flamenco yang memiliki arti api. Kata tersebut diambil berdasarkan warna merah muda jenis burung yang satu ini yang terlihar sangat mencolok dan berbeda dari jenis burung yang satu ini. meskipun memiliki sebutan lain sebagai burung api, akan tetapi flamingo tetap menjadi salah satu burung yang digemari.

2. Punya banyak jenis
Jika yang anda tahu bahwa bulu flamingo hanya berwarna merah muda saja, itu artinya kamu belum membaca secara rinci tentang jenis burung cantik yang satu ini. hal itu dikarenakan burung flamingo ini memilii 6 jenis spesies yang berbeda. Spesies flamingo sendiri meliputi The greater flamingo, Chilean flamingo, Lesser flamingo, Adean flamingo, Puna Flamingo dan Caribbean flamingo. Warna bulunya yang berwarna merah muda ataupun putih didapatkan karena umumnya jenis burung yang satu ini memakan ganggang dan juga krustasea yang memiliki kandungan pigmen karotenoid sehingga dapat menular pada bulu yang dimiliki oleh burung flamingo ini.

3. Tak hanya bulu, darah dan lendirnya pun merah muda
Kandungan pigmen karotenoid yang didapatkan dari ganggang dan krustasea yang mereka konsumsi juga tak hanya menular pada bulu saja, akan tetapi zat tersebut juga menyatu dengan warna darah dari jenis burung yang satu ini. selain darah, ketika burung flamingo betina yang memiliki anak juga akan memberikan makanan langsung dari mulut mereka dan akan menghasilkan lender yang berwarna senada. Lendirnya yang berwarna merah muda ini memiliki fungsi sebagai air susu bagi anak-anak burung flamingo. Ini merupakan hal yang sangat menarik karena bulu, darah, dan lender burung flamingo ini memiliki warna yang sangat unik.

4. Saat akhir musim kawin warnanya akan berubah

Baik itu burung flamingo jantan ataupun betina, mereka akan memberi makan anak-anak mereka dengan lender yang berfungsi seperti susu. Cairan lendir berwarna merah muda tersebut akan sepenuhnya diberikan kepada anak-anak mereka. Sehingga warna merah muda yang dimiliki oleh burung flamingo dewasa ini akan memudar sehingga nantinya mereka akan memiliki tubuh yang berwarna putih hingga keabuan. Para ilmuan menemukan bahwa semua burung flamingo ini memiliki kadar karoteneoid dalam tubuh mereka berbeda-beda. Oleh sebab itu perubahan warna tubuh yang dialami oleh burung flamingo dewasa ini merupakan hal yang wajar terjadi dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *